Apakah yang anda jual kopi luwak asli?

Ya… pertanyaan ini: “Apakah yang anda jual kopi luwak asli?” adalah pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh buyer-buyer dari JPW Coffee. Ternyata momok Kopi Luwak Palsu masih banyak beredar diantara para buyer.

1170662_191770587659227_1517394015_n

Hal ini bisa dimaklumi, karena memang saat ini banyak sekali beredar kopi luwak palsu atau blend di campur dengan kopi biasa. Banyak konsumen saya yang merasa tertipu karena mereka sebelum nya telah membeli kopi luwak palsu. Namun ada fakta yang unik, ketika saya bertanya kepada mereka: “Anda tau dari mana bahwa kopi luwak yang anda beli itu kopi luwak palsu?”, kebanyakan dari mereka hanya menjawab: “Rasanya sama saja seperti kopi biasa”.

Jadi kebanyakan buyer mendifinisikan kopi luwak asli atau palsu dari rasanya. Sebenarnya tidak bisa dibilang 100% benar. Untuk membedakan kopi luwak asli atau palsu adalah hal yang gampang-gampang susah. Bahkan hanya tes laboratorium yang bisa membedakannya.

Kopi luwak asli terdapat enzim khusus yang berasal dari fermentasi luwak yang tidak terdapat pada kopi biasa. Dan enzim ini hanya bisa dirasakan oleh penikmat kopi yang bukan perokok. Enzim dari luwak inilah yang membuat rasa kopi luwak asli menjadi berbeda. Agak sulit mendeskripsikan perbedaan nya, bahasa sederahana nya: Kopi luwak memiliki rasa yang lebih intens, clean, dan long after taste, namun statement ini tidak sepenuhnya benar juga, karena speciality coffee non luwak yang di olah dan diproses dengan baik dan benar akan menghasilkan kualitas yang berbeda tipis dengan luwak.

Ada satu ciri khas dari kopi luwak yang tidak bisa dideskripsikan dengan kata-kata. Saya pun hanya bisa berkata: “Ada suatu rasa yang berbeda, antara kopi luwak dan kopi non luwak. Namun tidak bisa dideskripsikan oleh kata-kata”.

Jalan termudah untuk membedakan kopi luwak asli atau palsu adalah dengan membandingkan nya dengan kopi biasa. Anda coba minum tanpa gula, konsentrasi dan pastikan lidah anda tidak habis mengkonsumsi makanan atau minuman manis atau minuman yang memiliki rasa sebelum nya. Jika anda habis mengkonsumsi sesuatu, netralkan terlebih dahulu dengan air putih. Lalu anda minum kedua kopi tersebut dan bandingkan. Jika anda benar-benar tidak menemukan perbedaan kualitas dari kedua kopi tersebut, kemungkinan besar kopi luwak yang anda konsumsi adalah kopi luwak palsu. Namun perlu diperhatikan sekali lagi, cara ini tidak sepenuhnya benar dan bisa membuktikan itu adalah kopi luwak asli atau kopi luwak palsu.

Semoga bermanfaat.