Bagaimana sih ciri kopi luwak yang asli?

Populernya kopi luwak saat ini membuat banyak orang-orang yang menjual produk kopi luwak palsu atau campuran demi meraup untung banyak. Hal ini tentunya dapat merugikan anda sebagai pembeli. Oleh karena itu anda perlu mengetahui ciri-ciri dari kopi luwak yang asli sehingga tidak mudah tertipu dengan produk kopi luwak palsu yang beredar di pasaran.

kopi luwak

Ciri-ciri kopi luwak asli

Kopi Luwak asli dan palsu paling mudah di bedakan dari segi harga. Harga kopi luwak asli di pasaran saat ini mencapai harga Rp.100.000 hingga Rp.200.000 per 100 gram. Jika anda mendapati toko atau swalayan yang menjual kemasan kopi berlabel kopi luwak dengan harga per sachet di bawah Rp10.000 rupian maka bisa di pastikan kalau produk tersebut adalah produk palsu atau campuran.

Kopi Luwak campuran biasanya adalah kopi yang di jual dengan menggunakan 2%-5% kopi luwak asli dan 95% – 98% varian kopi biasa seperti kopi robusta atau arabika. Kopi luwak campuran ini banyak di temukan di wilayah Jawa Tengah terutama Semarang karena memang ada sebuah perusahaan kopi yang memproduksi kopi ini dan memberi label kopi luwak pada kemasannya.

Dari sisi rasa kopi luwak memiliki rasa yang berbeda dengan kopi pada umumnya. Kopi Luwak tidak terlalu pahit walaupun di minum tanpa gula sama sekali. Kopi Luwak Robusta biasanya lebih pahit dari kopi luwak arabika.

Jika anda adalah penderita maag perut anda biasanya akan bereaksi setelah meminum kopi biasa karena kandungan asam yang tinggi di biji kopi. Hal ini tidak akan terjadi jika anda meminum kopi luwak asli. Kandungan asam kopi luwak terbukti rendah karena mengalami proses fermentasi di dalam perut luwak sebelum di proses menjadi biji kopi. Karena kandungan asamnya yang rendah ini kopi luwak terbukti aman jika di minum oleh penderita maag sekalipun.

Terkadang harga yang mahal di jadikan kesempatan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk menjual kopi luwak palsu dengan harga yang mahal. Untuk mencegah hal tersebut anda di sarankan untuk membeli kopi luwak dari penjual yang telah memegang sertifikasi dari Pusllitkoka (Pusat Penelitian Kopi dan Kakao) Jember, SUCOFINDO, atau Dinas Kesehatan . Perhatikan sertifikat yang dimiliki oleh penjual tersebut. Jika di sertifikat di sebutkan kalau biji kopi memiliki tingkat keasaman yang rendah (acidity low) maka kopi tersebut adalah kopi luwak asli. Jangan lupa membeli kopi luwak dari penjual yang sudah terpercaya dan memiliki kredibilitas tinggi seperti JPWCoffee.

Jika anda membeli kopi luwak secara online pastikan anda membelinya dari penjual yang sudah mendapatkan review positif dari banyak pelanggannya. Hati-hati jika anda membeli secara online karena banyak penipuan yang terjadi dan anda tidak pernah mendapatkan kopi luwak yang ingin anda beli. Belilah kopi luwak secara online dari JPWcoffee yang sudah terkenal keasliannya dan sudah memiliki sertifikasi keaslian kopi luwak.