Fermentasi Kopi Luwak

Fermentasi Kopi Luwak

Banyak yang bertanya “Mengapa kopi luwak rasanya begitu enak dan berbeda dari kopi biasa pada umum nya?”. Hal ini disebabkan oleh fermentasi kopi luwak yang terjadi secara alami di dalam pencernaan luwak. Fermentasi ini memecah senyawa-senyawa pada kopi terutama protein, sehingga membuat rasa kopi luwak ini tidak terlalu pahit, body dan after taste yang panjang.

kopi-luwak5

Tidak semua kopi luwak memiliki karakter-karakter tersebut. Jika kopi luwak tersebut dicampur dengan kopi biasa, maka hal itu akan mengurangi keunikan rasa yang dimiliki oleh kopi luwak tersebut. Untuk orang awam, memang untuk awalnya agak sulit untuk membedakan antara kopi luwak asli dan kopi luwak palsu. Bahasa sederhana yang paling mudah diucapkan adalah rasa kopi luwak lebih enak dari kopi biasa.

Kopi yang berasal dari fermentasi luwak ini ditemukan secara tidak sengaja pada zaman dahulu oleh masyarakat Indonesia. Pada zaman penjajahan Belanda, rakyat Indonesia dipaksa menanam kebun kopi di banyak daerah di Indonesia. Dulu kopi hanyalah minuman untuk kalangan bangsawan saja. Rakyat biasa tidak boleh meminum kopi. Hal itu membuat mereka terpaksa mencari biji kopi yang berasal dari feces luwak (musang). Tidak disangka, ternyata biji kopi yang berasal dari kotoran luwak ini, setelah di bersihkan dan di proses menjadi bubuk kopi, kemudian di seduh memiliki rasa yang luar biasa, dan kemudian hal ini terdengar oleh Belanda. Sejak itu kopi luwak menjadi minuman khusus para bangsawan.

Hal lain yang membuat kopi luwak menjadi sangat nikmat adalah karena luwak hanya memakan buah kopi yang telah matang dengan sempurna. Luwak tidak mau memakan buah kopi yang masih mentah. Buah kopi tersebut masuk ke dalam pencernaan luwak, namun karena pencernaan luwak itu lemah, mereka hanya mampu mencerna daging dari buah kopi tersebut. Hal inilah yang membuat biji kopi masih utuh ketika keluar bersama kotoran luwak.

Kopi luwak liar masih tetap yang terbaik. Luwak bebas memilih buah kopi di alam bebas tanpa paksaan dari manusia. Hal ini membuat kopi luwak liar menjadi diburu dan memiliki harga yang lebih mahal dari kopi luwak tangkar.

Penasaran ingin merasakan kopi luwak asli yang nikmat? Segera order kopi luwak liar asli dan murni hanya di JPW Coffee!

Leave a Reply