Green bean kopi luwak asli

Green bean kopi luwak adalah jenis komoditi yang paling diminati oleh pasar mancanegara. Kebanyakan Amerika dan Eropa membeli kopi luwak indonesia dalam bentuk green bean, yang kemudian mereka sangrai sesuai dengan selera peminum kopi di daerah masing-masing.

green bean kopi luwak

Beberapa hal mengenai Green bean kopi luwak yang harus anda ketahui:

1. Green bean kopi luwak ada yang wangi dan ada yang tidak, mana yang asli?

Semua nya bisa asli dan semuanya bisa juga palsu. Green bean kopi luwak asli tidak bisa di patok hanya dari aroma wangi atau tidak nya green bean tersebut.

Di Indonesia, ada 2 jenis luwak/musang yang paling banyak habitatnya. Yaitu luwak pandan dan luwak bulan. Luwak pandan adalah luwak yang memang memiliki bau pandan, dan akan tercium baunya ketika keberadaan nya ada di sekitar kita, sedangkan luwak bulan tidak memiliki bau apa-apa.

Biji kopi yang dikonsumsi oleh luwak pandan, otomatis akan menghasilkan green bean yang berbau harum pandan, sedangkan biji kopi yang dikonsumsi oleh luwak bulan, tidak memiliki bau apa-apa. Semua nya tetap menghasilkan kualitas green bean yang sama-sama baik, karena sama-sama telah melalui proses fermentasi luwak.

Cara terbaik untuk mengetahui kopi luwak asli atau tidak, bukan lah dari green bean, tetapi dari hasil akhirnya, yaitu cupping test.

2. Green bean kopi luwak asli berwarna peach atau kekuning-kuningan, apakah benar?

Ini adalah informasi yang menyesatkan. Jika anda menemui artikel dari penjual kopi luwak yang mengatakan bahwa green bean kopi luwak asli berwarna kekuning-kuningan, itu tidak benar.

Jika anda melihat feses kopi luwak, kemudian anda bersihkan, keringkan, dan anda kupas kulit tanduknya, maka anda akan melihat Green bean kopi luwak tetap berwarna hijau, karena green bean mengandung klorofil. Kandungan klorofil dalam green bean membuat rasa kopi tersebut menjadi lebih enak.

Warna peach atau kuning pada green bean akan terjadi setelah melalui proses wet proccessing (pembasahan/pencucian). Proses pencucian tergantung metode yang kita gunakan. Jika menggunakan metode full wet proccessing, maka warna green bean akan kuning sekali, dan jika menggunakan metode semi wet proccessing, maka akan tercampur antara warna kuning dan hijau.

Setiap biji kopi dari masing-masing daerah memiliki karakter masing-masing. Kopi luwak gayo kami juga memiliki karakter khusus, sehingga metode penanganan nya pun harus khusus, mulai dari proses pembersihan feses hingga proses roasting kopi luwak nya.

Semoga informasi mengenai green bean kopi luwak ini bermanfaat untuk anda.

Terimakasih