Kiat Agar Kopi Aman Untuk Lambung

Penyakit asam lambung dan maag memang menyiksa semua orang, termasuk para penggemar kopi. Kopi bahkan dituding menjadi salah satu sebab kedua penyakit ini. Artikel-artikel kesehatan umumnya menyarankan agar kopi dihindari demi keamanan lambung. Walaupun itu ada benarnya, sampai saat ini para ilmuwan berbeda pendapat mengenai apa sesungguhnya yang menyebabkan naiknya asam lambung dan maag pada pengguna kopi.

minum kopi

Ada 2 pendapat berbeda mengenai hal ini. Pertama, pendapat yang mengatakan bahwa naiknya asam lambung disebabkan oleh asam (acid) yang ada di dalam kopi. Teori iniyang dijadikan dasar kemunculan kopi low acid di pasaran. Sedangkan teori lainnya mengatakan bahwa penyakit asam lambung disebabkan oleh asam yang dihasilkan di dalam perut. Para ilmuwan belum dapat memastikan bahwa kopi dapat meningkatkan produksi asam dalam lambung. Kafein barangkali menjadi penyebabnya, namun ini juga belum dapat dipastikan. Sebab ada beberapa bukti yang memperlihatkan bahwa kopi tanpa kafein bahkan lebih berbahaya bagi lambung.

Terlepas dari perbedaan pendapat tersebut, ada beberapa cara untuk mengurangi resiko maaf atau penyakit asam lambung ketika meminum kopi. Salah satunya adalah dengan membeli kopi low acid. Banyak produsen kopi yang menjual kopi dengan low acid, mereka menggunakan metode pengolahan dan roasting tertentu untuk menghilangkan keasaman. Bisa juga memilih kopi yang memang secara alami low acid. Ada perbedaan tingkat keasaman antara kopi yang berasal dari daerah yang berbeda-beda. Kopi yang berasal dari Amerika tengah dan Selatan biasanya kadar keasamannya lebih tinggi daripada kopi yang diproduksi dari tempat lainya.

Cara penyeduhan juga berpengaruh pada tingkat keasaman kopi. Kopi yang diseduh secara dingin (cold brew coffee) secara alami mengandung kafein dan tingkat keasaman yang rendah daripada kopi yang diseduh dengan air panas. Hal ini karena penyeduhan dingin tidak menyebabkan reaksi kimia seperti penyeduhan dengan air panas. Kopi jenis ini memiliki kepahitan dan keasaman yang rendah sehingga kurang beresiko terhadap penyakit lambung. Kopi esspresso juga lebih sedikit pahit dan kurang asam jika dibandingkan dengan kopi yang dihidangkan dengan metode yang lebih lama seperti dengan cara drip.