Kopi Aceh – Primadona Kopi Dunia

kopi acehKopi Aceh saat ini telah menjadi primadona di dunia. Kopi ini menjadi penyumbang ekspor kopi terbesar Indonesia saat ini. Kopi Aceh menyumbang lebih dari 50% ekspor kopi di Indonesia.  Kenikan aroma dan rasa dari kopi Aceh telah membuat para pecinta kopi dunia tergila-gila. Kopi Aceh banyak di  jadikan campuran coffee blend di cafe-cafe terkenal dunia.

Kopi Aceh sebagian besar adalah jenis Arabika. Tumbuh pada dataran tinggi 1000 meter diatas permukaan laut. Kita saat ini lebih mengenal kopi Aceh dengan sebutan Kopi Gayo. Gayo adalah daerah penghasil kopi terbesar di Aceh. 90% masyarakat Gayo adalah petani kopi. Mereka hidup dari menanam kopi.

Jika kita berkunjung ke Aceh, maka kita akan menemui banyak sekali kedai kopi di pinggir-pinggir jalan. Meminum kopi setiap hari sudah menjadi tradisi turun temurun bagi masyarakat Aceh. Semakin hari kualitas kopi Aceh semakin baik. Hal ini disebabkan karena semua proses pengolahan kebun kopi di Aceh sudah memiliki standarisasi yang sama. Dinas pemerintahan Aceh dan juga para pelaku industri kopi di Aceh rajin memberikan pelatihan-pelatihan kepada para petani perihal bagaimana memproses buah kopi menjadi kopi yang berkualitas tinggi dan diminati oleh dunia.

Saat ini ada beberapa organisasi kopi independen yang turut membantu menjaga kualitas dari kopi Aceh. Salah satu organisasi yang cukup dikenal adalah MPKG (Masyarakat Perlindungan Kopi Gayo). MPKG berisi para pelaku industri yang kebanyakan telah memiliki lisensi Q Grader (Lisensi tertinggi untuk uji cita rasa kopi Arabika). Para Q Grader ini secara rutin melakukan quality control terhadap para anggota-anggota nya. Hal ini membuat kualitas suply kopi Aceh selalu stabil dan memiliki kualitas yang baik.

Kopi Aceh juga sangat terkenal dengan Kopi Luwak nya. Kopi Luwak Aceh Gayo menjadi kopi luwak terbaik di dunia saat ini. Kopi Luwak Aceh Gayo memiliki karakteristik fruity dan rempah yang kuat. Selain itu aroma nya juga harum sekali. Hal ini membuat para penikmat kopi selalu ketagihan ketika mereka mencoba Kopi Luwak Aceh Gayo.

Pemerintah Aceh sangat mendukung industri kopi ini. Mereka sering memberikan pelatihan untuk para petani. Sinergi ini membuat Kopi Aceh terus mengalami peningkatan kualitas.

JPW Coffee sendiri adalah salah satu pecinta Kopi Aceh. Itulah alasan mengapa kami saat ini fokus dalam penjualan kopi luwak Aceh Gayo. Karena kami sudah paham betul bagaimana kualitas dari kopi ini.

Kami menjual kopi luwak liar dari Gayo, jenis Arabika. Untuk anda yang penasaran terhadap kenikmatan kopi luwak Aceh Gayo ini, anda bisa menghubungi kami untuk pemesanan.

Terimakasih