Kopi Luwak – Banyak yang masih merasa jijik meminumnya

Mungkin bagi sebagian orang di dunia masih belum mengetahui apa itu kopi luwak. Banyak yang belum tau bahwa sejarah kopi luwak itu berasal dari perkebunan di Indonesia. Luwak adalah nama lain dari musang. Ada dua jenis musang yang paling banyak habitatnya, yaitu musang pandan dan musang bulan.

kopi luwak

Saya pernah melihat sebuah video yang cukup lucu di Youtube, dimana beberapa orang dikumpulkan di USA, diminta untuk mencicipi jenis kopi baru, dan mereka diminta komentar nya mengenai kopi tersebut. Semua yang mencobanya berkata kopi ini unik dan enak sekali, bahkan ada yang meminta satu cangkir lagi.

Setelah semua selesai diminta mencobanya, ada yang bertanya: “Ini kopi apa?” Ketika di jawab ini kopi luwak, mereka bertanya kembali: “Apa itu kopi luwak?”, kemudian dijelaskan secara detail apa itu kopi luwak dan bagaimana proses pembuatan kopi luwak itu. Ketika mereka tau, banyak yang merasa jijik telah meminum kopi luwak, ditampilkan dengan berbagai macam ekspresi yang lucu.

Ya itulah uniknya kopi luwak, kopi yang diolah dari feses luwak ini memang memiliki sensasi aroma dan rasa yang unik, itulah yang menyebabkan mengapa kopi luwak ini mendapat julukan “The Most Expensive Coffee in the World”. Selain produksi nya yang terbatas, kopi luwak berasal dari biji kopi terbaik dan matang sempurna, yang kemudian di fermentasi didalam perut luwak, sehingga senyawa-senyawa kopi menjadi terurai, dan membuat kopi luwak menjadi kopi yang paling sempurna hingga saat ini dari segi aroma dan rasa.

Bagi kalangan umat muslim, kopi luwak awalnya menjadi kontroversial mengenai fatwa Halal Haram, sampai akhirnya MUI mengeluarkan fatwa Halal untuk kopi luwak. Hal ini karena biji kopi dari feses telah dicuci terlebih dahulu, dan telah melalui proses pengeringan dan penumbukan. Yang kita konsumsi adalah biji kopi didalam kulit tanduk dan kulit ari, sehingga biji mentah siap sangrai aman untuk dikonsumsi karena tidak terkena kotoran sama sekali. Logika nya sama seperti telur ayam yang sama-sama keluar dari anus dan bercampur dengan kotoran, namun menjadi halal karena yang kita konsumsi adalah yang berada didalam cangkangnya.

Saat ini kopi luwak menjadi kopi yang paling diburu di seluruh dunia. Saat ini Korea Selatan menjadi salah satu negara terbesar pengimport kopi luwak dari Indonesia. Customer JPW Coffee pun banyak yang berasal dari Korea Selatan.

Kopi luwak… dulu dibuang, kini menjadi bak berlian yang sangat berharga 🙂