Kopi Luwak Halal atau Haram?

Sampai saat ini masih banyak yang memperdebatkan mengenai Kopi Luwak Halal atau Haram. Perbedebatan ini muncul karena kopi luwak berasal dari kotoran luwak yang kemudian dibersihkan dan diproses menjadi kopi. Dibalik permasalahan kopi luwak halal atau haram, saat ini kopi luwak menjadi salah satu jenis kopi yang paling banyak diburu dari seluruh dunia. Semua orang mencari kopi luwak indonesia yang terkenal sebagai kopi luwak terbaik di dunia.

kopi luwak halal atau haram

Bicara halal atau haram, MUI telah mengeluarkan fatwa bahwa kopi luwak itu halal, dan boleh diminum oleh seluruh orang. Dasar-dasar yang mengatakan bahwa kopi luwak itu halal adalah:

  1. Yang kita konsumsi dari kopi luwak itu adalah Green bean nya, dimana green bean ini masih terlindungi oleh kulit tanduk dan kulit ari yang tidak hancur ketika didalam proses pencernaan luwak, sehingga sama sekali tidak terkontaminasi oleh kotoran luwak.
  2. Biji kopi luwak termasuk mutanajis, artinya sesuatu yang najis ketika kena kotoran, dan menjadi suci ketika sudah di cuci dan
  3. dibersihkan. Dalil mengenai hal ini di dalam Alqur’an bisa anda cari di Google, karena sudah banyak yang membahas masalah ini.Biji yang bercampur kotoran akan menjadi halal apabila ketika ditanam, dapat tumbuh kembali. Biji kopi luwak termasuk di dalam hal tersebut. Biji kopi luwak jika ditanam, maka akan tumbuh pohon kopi.
  4. Kopi luwak sama dengan logikanya seperti telur. Sama-sama keluar dari anus dan bercampur dengan kotoran, namun pada telur yang kita konsumsi adalah putih dan kuning telur, yang sama sekali tidak terkontaminasi oleh kotoran karena dilindungi oleh cangkang dan kulit ari telur.
  5. Terdapat 4 lapisan di dalam buah kopi, yaitu: Daging buah bagian paling luar, kulit tanduk, kulit ari, dan green bean.
  6. Kopi luwak diproses dengan cara yang higienis, di cuci sebanyak 7x dan direndam dengan air untuk membersihkan kotoran

Tentu saja MUI tidak asal dalam mengeluarkan fatwa. Semua sudah dipertimbangkan secara masak dari segala sisi. Dalil dalam Alquran dan Hadist tentu nya sudah di kaji secara matang. MUI juga memberitahu bahwa biji kopi luwak harus dicuci sebanyak 7x jika ingin menjadi halal.

Anda juga perlu mengetahui bahwa penelitian terhadap kopi luwak pernah dilakukan oleh salah seorang professor dari Kanada yaitu Prof. Massimo Marcone yang mengatakan bahwa kopi luwak aman dari bakteri dan memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan. Kopi luwak asli dan murni tidak membuat jantung berdebar dan tidak membuat maag menjadi kambuh.

Anda tidak perlu ragu dalam mengkonsumsi kopi luwak. Untuk mendapatkan kopi luwak asli berkualitas, anda bisa menghubungi JPW Coffee. Kami adalah salah satu penjual kopi luwak asli terpercaya di Jakarta. Kami menjual kopi luwak liar yang di ambil dari dataran tinggi Aceh Gayo.

Hubungi kami sekarang untuk pemesanan!