Kopi Luwak Tubruk

Kopi Luwak Tubruk

Dalam dunia kopi, kita mengenal berbagai macam cara menyeduh kopi. Tiap cara menghasilkan karakteristik rasa yang berbeda, terutama untuk masalah body dan karakter-karakter minor lain nya. Pada kali ini kita akan membahas kopi luwak tubruk, yaitu menikmati kopi luwak dengan cara tradisional yaitu cara tubruk.

1170662_191770587659227_1517394015_n

Tubruk merupakan cara tradisional menyeduh kopi yang berasal dari Indonesia. Cara nya pun sangat sederhana, kita hanya perlu memasak air panas, kita masukan bubuk kopi ke gelas, dan kemudian air panas dituangkan ke dalam cangkir kopi. Saya sendiri sangat menyukai cara tubruk, selain proses nya yang mudah, kita dapat merasakan karakter kopi yang sebenarnya. Kelebihan lain dari cara tubruk adalah proses ekstraksi bubuk kopi dengan air yang terjadi secara terus menerus.

Cara tubruk biasanya akan membuat kopi terasa lebih full body. Pengertian full body disini adalah lebih terasa kental dimulut dan terasa lebih penuh. Hal ini terjadi karena proses air dan bubuk kopi yang terjadi kontak secara terus menerus sampai air habis kita minum. Beda dengan menggunakan french press. Biasanya body kopi akan terasa lebih ringan, karena  bubuk kopi telah disaring terlebih dahulu, barulah kemudian dituang ke cangkir, sehingga proses ekstraksi hanya terjadi selama di dalam french press tersebut.

Setiap orang punya cara dan selera yang berbeda dalam menyeduh kopi. Itulah uniknya dunia kopi. Semua orang punya caranya sendiri untuk menikmatinya. Kopi luwak pun dinikmati dengan cara yang bermacam-macam, ada yang menggunakan syphon coffee maker, french press, vietnam drip, dll.

Nah bagaimana dengan anda? Cara menyeduh kopi luwak seperti apa yang paling anda sukai? Kalau favorit saya, kopi luwak tubruk.