Macam-macam cara menyeduh kopi

Ketika seseorang mulai merasakan yang namanya kopi mereka biasanya akan menjadi fanatik dan tidak bisa lepas dari kebiasaan meminum secangkir kopi setiap harinya. Di Indonesia kopi biasa di seduh dengan cara menuangkan air panas ke dalam bubuk kopi di dalam cangkir. Teknik ini sudah memasyarakat sejak jaman dahulu dan mungkin merupakan cara termudah untuk membuat secangkir kopi hitam panas baik itu kopi instant, kopi luwak ataupun kopi robusta dan arabika.

perbedaan rasa kopi

Pada kenyataannya ternyata banyak teknik untuk menyeduh kopi di dunia dan setiap teknik dapat menghasilkan citarasa yang berbeda. Buat anda yang belum tahu berikut adalah beberapa teknik menyeduh kopi yang bisa anda terapkan untuk mencari rasa kopi hitam yang pas dengan selera anda.

Automatic Drip Coffeemakers (Mesin penyeduh kopi otomatis)

Di negara-negara barat mesin pembuat kopi otomatis merupakan alat penyeduh kopi yang paling umum. Mesin ini bekerja dengan cara mencampur air panas dengan bubuk kopi kemudian meneruskan air kopi ke sebuah wadah melalui penyaring sehingga bubuk kopi tidak ikut masuk ke dalam wadah. Wadah air kopi ini di letakkan di atas pemanas yang menjaga agar air kopi anda tetap hangat setiap saat.

Walaupun mesin ini cukup praktis akan tetapi semua penikmat kopi pasti setuju kalau kopi harus di minum segera setelah di seduh dengan air panas. Setelah di panaskan berjam-jam kopi biasanya akan berubah rasa menjadi lebih asam. Beberapa mesin dengan kualitas yang kurang bagus bahkan bisa membuat air kopi anda memiliki rasa hangus karena suhu pemanas kopinya terlalu tinggi.

Mesin ini cocok untuk orang yang ingin secangkir kopi hangat selalu siap tersedia setiap saat dan tidak terlalu peduli dengan rasa kopi yang berubah jadi agak asam.

Mesin Coffee Pod

Mesin penyeduh kopi satu ini mirip dengan mesin auto drip hanya saja dalam ukuran yang lebih kecil sehingga lebih cocok untuk anda yang masih single dan belum berkeluarga. Kekurangan mesin ini sama dengan mesin drip yaitu rasa kopi bisa berasa hangus jika bagian pemanas kopinya memiliki kualitas yang jelek.

Mesin Espresso

Anda merasa kalau kopi yang anda minum kurang pekat? Coba deh bikin kopi hitam anda dengan mesin espresso. Anda tinggal memasukkan bubuk kopi yang halus sekali ke dalam mesin dan jalankan mesinnya. Mesin ini pada dasarnya membuat air kopi dari uap air yang di lewatkan ke bubuk kopi halus.

Dengan kopi ini di jamin kopi anda akan menjadi super pekat. Hati-hati bila anda tidak terbiasa dengan rasa pahit karena kopi espresso biasanya menghasilkan kopi yang super pekat dan super pahit. Sesendok penuh gula bahkan terkadang belum bisa menghilangkan rasa pahit dari secangkir kecil kopi espresso.

Kalau anda penggemar kopi luwak Indonesia anda mungkin perlu mencoba mesin ini untuk merasakan citarasa kopi Luwak asli yang lain dari biasanya (lebih pahit).

Mesin French Press

Mesin satu ini cukup terkenal di kalangan pecinta kopi karena harganya yang terjangkau dan bisa menghasilkan kopi hitam tanpa ampas dengan citarasa yang enak. Kekurangan mesin ini adalah anda harus menghaluskan sendiri biji kopi anda karena mesin French press haru menggunakan bubuk kopi yang agak kasar yang jarang ada di pasaran.

Penggemar kopi luwak biasanya menggunakan alat ini karena harganya yang murah dan hasil seduhannya yang terbukti enak dan tanpa ampas.