Membedakan kopi luwak enak dan tidak enak

Sebagai penjual kopi luwak, kita harus bisa menguasai ilmu dasar mengenai kopi luwak, yaitu: Membedakan kopi luwak enak dan tidak enak. Ya kita hanya bicara 2 sisi saja: Enak dan Tidak Enak. Kita tidak bicara mengenai karakter kopi, intensitas, body, dll. Pembeli kopi luwak rata-rata adalah orang awam, mereka hanya bisa mengatakan: “Kopi Luwak ini enak, ah Kopi luwak yang itu tidak enak”.

kopi luwak

Kita sebagai penjual kopi luwak harus bisa memposisikan lidah kita seperti lidah para konsumen kita. Karena yang menjudge kopi luwak kita enak atau tidak adalah konsumen kita, sekalipun kita ahli kopi, kalau hanya menurut kita saja yang enak, sedangkan konsumen tidak enak, maka percayalah kopi luwak anda akan sulit untuk laku di pasaran.

Cara termudah untuk membedakan kopi luwak enak atau tidak enak memang gampang-gampang susah, karena selera orang berbeda beda. Semua butuh pengalaman. Cara paling termudah adalah mulai dari belajar mencicipi kopi grade rendah terlebih dahulu, anda bisa beli di warung-warung. Anda coba minum tanpa gula, dan pakai gula. Setelah itu anda coba beli speciality coffee, anda coba dengan cara yang sama, yang terakhir adalah dengan beli beberapa kopi luwak, anda coba dengan gula dan tanpa gula. Nanti dari situ anda pelan-pelan akan belajar membedakan kopi luwak enak dan tidak enak.

Sebagai penjual kopi luwak, ini sangat penting. Saya sendiri belajar awalnya dengan cara seperti ini. Dalam 1 bulan, JPW Coffee menerima puluhan sample kopi luwak dan speciality coffee dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka ingin bekerja sama dengan kami. Namun kami hanya memilih beberapa saja sebagai suplier tetap kami. Kami memilih berdasarkan dua hal: Kualitas dan Harga. Harga menjadi nomor dua, pertama kami mementingkan kualitas dan konsistensi produk, setelah itu baru kami mementingkan masalah harga. Hal ini kami lakukan karena kami menjual kopi luwak dan speciality coffee, kopi yang termahal di dunia. Jadi kualitas menjadi pilihan nomor satu.

Semoga informasi singkat ini bermanfaat.

Terimakasih