Mengenal Lebih Dekat Tanaman Kopi

Kata kopi itu sendiri berasal dari bahasa arab yaitu qahwah, qahwah itu dalam bahasa indonesia berarti kekuatan, kata kopi sendiri di indonesia lebih mengadopsi kepada bahasa belanda yaitu koffie, karena Indonesia pernah dijajah oleh belanda sehingga kata koffie = kopi yang berasal dari bahasa belanda lah  yang terserap untuk sebutan kopi di Indonesia.

kopi luwak

Indonesia merupakan negara penghasil kopi ke – 4 terbesar di dunia, maka dari itu kopi adalah salah satu komoditas non migas yang memilki target pasar yang sangat banyak di dunia. karena dari semua negara tidak ada yang tidak suka kopi, pasti selalu ada, karena kopi dapat diolah menjadi minuman yang beragam dan pastinya sehat serta nikmat.

Tanaman kopi adalah suatu jenis tanaman jenis tropis yang bisa tumbuh dimana saja,  namun tidak dapat tumbuh pada dataran tinggi dengan temperatur yang dingin ataupun daerah derah yang tandus yang sukar air. Pada awalnya kopi di konsumsi bukan sudah dalam bentuk bubuk lalu di seduh tapi pada saat itu membuat kopi berasal dari buah kopinya yang diseduh dengan air panas dan rasa yang dihasilkan pun tidak seenak kopi yang ada saat ini, namun setelah mengikuti waktu ke waktu akhirnya ditemukanlah kopi dengan cara mengambil biji kopinya kemudian di tumbuk menjadi bubuk dan rasanya pun jauh lebih enak sehingga penggemarnya meluas di seluruh negara.

Kopi akan berproduksi mulai umur 2,5 tahun jika dirawat dengan baik dan buah telah menunjukkan warna merah yang meliputi sebagian besar tanaman, dan dilakukan bertahap sesuai dengan masa kemasakan buah.

Dilihat dari segi ekonomis biji kopi yang dapat diolah menjadi kopi yang nikmat adalah

  1. Biji kopi arabica, tanaman ini dapat tumbuh hingga 3 meter bila kondisi lingkungannya baik dan mendukung, suhu tumbuh optimalnya adalah 18 – 26 o C, Biji kopi yang dihasilkan oleh tipe ini berukuran kecil dan berwarna hijau hingga merah gelap
  2. Biji kopi robusta, biji kopi ini bisa dikatakan sebagai biji kopi kelas 2 karena rasanya yang lebih pahit, sedikit asam, dan mengandung kafein yang cukup banyak dibanding biji kopi arabica, selain itu juga buah kopinya resisten terhadap serangan penyakit dan hama.
  3. Biji kopi Luwak, biji kopi ini tidak berasal dari tanaman namun biji ini terbuat dari sisa pembuangan atau kotoran yang dihasilkan oleh hewan luwak, kopi yang mendapat julukan kopi termahal ini memang mempunyai rasa yang sangat nikmat dibanding jenis kopi lainnya, karena proses fermentasi oleh bakteri alami yang terjadi di dalam pencernaan luwak membuat biji kopi luwak ini mempunyai cita rasa yang digemari banyak orang.
  4. dan jenis yang lainnya adalah jenis dari turunan atau subvarietas dari biji kopi robusta dan arabica.

Nah sudah cukup mengenal banyak kan tentang tanaman kopi ini,  jadi tentunya kita bisa tahu tanaman kopi itu ada berapa jenisnya, bagaimana tempat yang baik untuk menanam kopi, dan hal – hal lain tentang kopi,  yang pastinya punya manfaat positif bagi kita.