Minum Kopi Luwak ala Tradisional: Kopi Tubruk

Apakah anda penggemar berat dari kopi termahal di dunia ini? Apakah hingga hari ini anda masih mengagumi nya? dan apakah anda benar – benar tahu bagaimana menyeduhnya? mungkin artikel ini akan sangat membantu anda dalam memperlakukan sang pangeran baru ini.

kopi luwak tubruk

Diantara semua jenis – jenis alat penyeduh kopi yang ada beredar di pasaran seperti contohnya French Press, Classic Drip Syphon, Vietnam Drip, Coffee Machine,  Moka Pot, Espresso Machine dan sebagainya masih amat banyak penikmat kopi Indonesia yang jauh menyukai menyeduh kopinya secara langsung dan tanpa melalui banyak proses penyaringan yang rumit dan cenderung merepotkan mereka lebih senang menggunakan cara yang sederhana dan konvensional alias Kopi dengan cara di Tubruk atau kopi tubruk biasa kita dengar.
Ini adalah sebuah gaya khas yang tak bisa lepas dari penikmat kopi – kopi  dari negeri pecinta kopi luwak ini, Negara Indonesia sudah sangat kental dan tak bisa lepas dari cara lama ini sejak turun temurun dari nenek moyang dalam hal pengolahan dan pengkonsumsianya telah menjadi tradisi yang telah lekat dari orang tua kita.

Bagaimanakah Cara Menyeduh serbuk Kopi Luwak Asli ala Kopi Luwak Nusantara kita secara manual dan sederhana ini?

Langkah – langkahnya adalah sebagai berikut diantaranya:

  1. Masukkan 10 gram atau sesuai takaran anda bubuk Kopi Luwak ke dalam sebuah cangkir kopi, ada saran baiknya gunakan gelas beling atau porslen agar mengurangi bau dan hal – hal yang merusak cita rasa dari sang kopi ini. Dan cangkir kopi pun yang ideal adalah harus memiliki diameter lingkar ruang yang cukup sehingga aroma khas kopi dapat dengan mudah mencapai hidung kita. Hal ini diharuskan karena aroma yang merupakan faktor utama dan dapat mempengaruhi indera perasa kita.  Selain itu pula, cangkir kopi yang amat disarankan juga harus mampu menjaga suhu dari kopi tetap panas dan tidak cepat dingin seperti alumunium, untuk waktu yang cukup lama seperti contoh diatas saya sarankan cangkir porselen, bahan ini dapat menjaga kopi tetap panas.
  2. Tuangkan sekitar 120-140 ml air yang sudah mendidih secara perlahan sambil diaduk dengan merata dari bawahnya. Dan air yang digunakan haruslah air yang mendidih dengan benar sekitar 100 derajat celcius air akan terlihat bergolak dan bergelembung . Pastikan air murni yang anda gunakan adalah air yang berkualitas baik hal ini di sebabkan karena 98% penyusun dari kopi adalah air putih.
  3. Aduk rata selama kurang lebih 1 menit hingga Anda mendapat crema Kopi Luwak terlihat dengan jelas. Ciri khas kopi Luwak adalah banyaknya cream alami pada saat diseduh dan diaduk.
  4. Tunggu selama 3-5 menit hingga ampas kopi mulai turun dan airnya tidak terlalu panas, pelan – pelan hirup aroma wangi Kopi Luwak sambil menyeruput kopi terbaik dan termahal di dunia ini.