Perbedaan Rasa Kopi Luwak

Banyak faktor yang mempengaruhi perbedaan rasa kopi luwak yang kita minum. Semua proses mulai dari pengolahan biji mentah hingga pada proses cara penyeduhan akan menghasilkan rasa yang berbeda-beda. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas faktor apa saja yang dapat membuat rasa kopi luwak berbeda dengan yang lain nya.

perbedaan rasa kopi

1. Proses pengolahan Green Bean

Kopi luwak berasal dari buah kopi terbaik yang di makan oleh luwak dan kemudian melalui proses fermentasi dalam perut luwak. Feces luwak bercampur dengan biji kopi yang tidak ikut tercerna. Proses pengolahan dari raw bean hingga menjadi green bean itu bisa menentukan rasa kopi luwak. Umum nya proses pengolahan green bean di bagi menjadi 4, yaitu Wet Processing, Dry Processing, Semi Dry Processing, dan Pulped Natural. Setiap proses menghasilkan rasa kopi yang berbeda. Untuk Kopi Indonesia, umumnya menggunakan metode wet processing atau semi dry processing.

2. Roasting profile

Roasting profile adalah level sangrai kopi berdasarkan tingkat kematangan nya. Green bean kopi luwak yang disangrai medium dengan dark akan menghasilkan karakter rasa yang berbeda. Memang menentukan roasting profile kopi luwak ini gampang-gampang susah. Tapi semua dikembalikan kepada para pecinta kopi. Umumnya roasting profile medium akan menghasilkan citarasa yang manis, dan dark akan menghasilkan citarasa yang pahit.

3. Proses penggilingan roasted bean menjadi ground coffee (bubuk)

Tingkat kehalusan bubuk kopi juga mempengaruhi rasa dari kopi yang akan diseduh, walau tingkat kehalusan ini tidak terlalu signifikan dalam proses perbedaan citarasa.

4. Cara penyeduhan

Cara penyeduhan kopi luwak dengan metode tradisional yaitu dengan cara tubruk, dengan menggunakan alat seperti Syphon Coffee Maker, French Press, Moka Pot, atau Espresso Machine akan menghasilkan rasa yang cukup berbeda. Untuk mengetahui metode penyeduhan apa yang terbaik, anda harus bereksperimen sendiri. Kalau saya pribadi paling suka dengan cara tradisional yaitu tubruk.

5. Daerah penghasil kopi

Beda daerah beda pula karakter rasa kopinya. Kopi Luwak Aceh dengan Kopi Luwak Jawa tentu nya memiliki karakter rasa yang berbeda. Begitu juga dengan kopi lampung dengan kopi papua. Mana yang paling baik? Semua sama-sama baik, dikembalikan lagi kepada selera anda semuanya.

6. Tipe biji kopi

Tipe biji kopi juga menghasilkan rasa yang berbeda. Ada beberapa tipe biji kopi umum yang kita kenal di Indonesia yaitu: Arabika, Robusta, Liberika, dan Excelsa.

Bagaimana dengan anda? Anda ingin menambahkan pendapat anda mengenai penentu perbedaan rasa kopi luwak? Silahkan meninggalkan komentar.

Jika anda ingin menikmati kopi luwak asli Indonesia kualitas premium, anda bisa order di JPW Coffee. Kami menjual 100% Kopi luwak asli dan murni tanpa campuran bahan lain sedikitpun. Kami berani menjamin keaslian kopi luwak kami. Buktikan sendiri!