Pro dan Kontra meminum kopi

Apa sih manfaat dari minum kopi? Apakah meminum kopi buruk untuk kesehatan?

Dua pertanyaan di atas mungkin adalah dua pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh orang yang awam tentang khasiat maupun efek samping dari kopi. Jawaban dari pertanyaan itu pun beragam tergantung orang yang anda tanya. Beberapa orang minum kopi untuk menyegarkan badan, beberapa orang untuk menghilangkan rasa ngantuk akan tetapi ada juga yang meminum kopi karena sudah kecanduan.

Drink-Coffee

Sebelum anda mulai meminum kopi seperti kopi luwak ada baiknya anda memahami terlebih dahulu pro dan kontra mengenai kebiasaan minum kopi ini.

Pro

1. Menyegarkan badan

Meminum kopi di pagi hari bisa menyegarkan badan anda dan membuat anda lebih siap untuk memulai aktivitas keseharian anda.

2. Memberi energi tambahan

Secangkir kopi panas terbukti bisa membuat anda merasa lebih bertenaga. Hal ini di tandai dengan tekanan darah anda yang naik setelah meminum kopi. Beberapa ahli menyarankan agar anda meminum kopi sebelum melakukan latihan fisik karena dengan bantuan secangkir kopi anda bisa berlatih lebih lama.

3. Menghilangkan rasa kantuk

Ini mungkin sebagian besar alasan orang minum kopi baik itu kopi luwak, kopi arabika, kopi robusta ataupun kopi instan. Kafein yang terkandung dalam kopi terbukti dapat menghalangi sistem syaraf yang menyebabkan anda mengantuk. Perlu di ingat kalau kopi hanya bisa mencegah anda dari rasa kantuk untuk sementara waktu saja karena seiring dengan keletihan tubuh anda yang semakin meningkat tubuh anda pasti akan bereaksi dengan memunculkan rasa kantuk.

Secangkir kopi panas kala anda sedang lembur terkadang bisa membantu anda mengembalikan fokus anda yang mulai hilang akibat rasa kantuk yang terus menyerang.

4. Obat untuk beberapa masalah

Kopi terbukti bisa meredakan sakit kepala akibat stress berlebih. Kopi juga mengandung kafein yang ternyata bisa mengurangi rasa sakit akibat kelelahan otot setelah berolah raga.

Selain itu kopi juga terbukti mujarab untuk memperlancar buang air besar untuk orang yang sedang mengalami sembelit karena kopi mengandung asam sehingga bisa memicu kontraksi di bagian perut anda.

5. Rasanya lezat

Saat ini kopi tesedia dalam berbagai macam rasa dan bisa di minum di oleh semua kalangan. Anak kecil pun suka kopi terutama kopi-kopi racikan yang memang sengaja di buat supaya memiliki rasa yang enak dan tidak pahit. Coba saja anda lihat kafe kopi seperti Starbuck yang pelanggannya justru banyak dari kalangan anak muda.

Kontra

1. Menaikkan kolesterol

Banyak orang yang mengatakan kalau meminum kopi bisa menyebabkan kenaikan kadar kolesterol tubuh. Sayangnya sampai saat ini hal tersebut belum terbukti kebenarannya. Begitu pula dengan isu bahwa meminum kopi bisa menyebabkan penyakit jantung.

2. Bisa menyebabkan kenaikan berat badan

Minum kopi secara berlebihan memang terbukti bisa menyebabkan kenaikan berat badan terutama jika orang yang meminumnya jarang melakukan latihan fisik. Kopi seperti halnya minuman bersoda dan bir mengandung kalori yang berlebihan dan jika tidak di bakar dengan aktivitas fisik akan berubah menjadi lemak dan mengakibatkan kenaikan berat badan.

3. Berakibat fatal untuk beberapa orang

Beberapa orang yang sangat sensitif terhadap kopi terutama orang-orang yang memiliki masalah perut yang sensitif. Kopi pada umumnya mengandung asam yang bisa memicu berbagai masalah di perut. Akan tetapi hal ini tidak akan terjadi jika anda meminum kopi luwak asli yang terbukti memiliki kadar asam dan kafein yang rendah.

4. Mengganggu kesehatan

Meminum kopi secara berlebihan berakibat buruk terhadap kesehatan terutama jika anda meminum kopi untuk membuat anda tetap terjaga di malam hari. Jika di lakukan secara terus menerus hal ini bisa mengganggu pola tidur anda yang akhirnya membuat anda menjadi kurang tidur dan nantinya akan berefek pada menurunnya tingkat kesehatan anda.

Anda di sarankan untuk meminum kopi maksimal 2 cangkir sehari dan tetap menjaga pola tidur anda. Kopi Luwak yang mengandung asam dan kafein yang rendah bisa menjadi solusi jika anda ingin minum kopi setiap hari.