Roasting Kopi Luwak

Banyak yang berkata bahwa kunci terpenting dari nikmat atau tidaknya secangkir kopi adalah dari roasting nya. Mempelajari ilmu roasting gampang-gampang susah. Untuk pemula, terkadang faktor keberuntungan juga ikut mempengaruhi. Seperti saya sendiri contoh nya, dulu ketika awal belajar roasting, untuk kopi lintong dan kopi sidikalang, saya memerlukan banyak trial and error untuk mendapatkan citarasa yang terbaik, namun untuk kopi luwak peaberry, saya hanya butuh dua kali percobaan roasting, saya sudah menemukan citarasa yang sesuai menurut saya.

roasting profile

Berbagai merk mesin roasting kopi banyak di jual di Indonesia. Saran saya, untuk yang baru belajar, belilah mesin home roaster yang memiliki fitur pengatur suhu dan waktu yang stabil. Saya merekomendasikan Gene Cafe roaster untuk home roaster anda. Sampai saat ini pun saya masih memakai mesin ini untuk roasting kopi. Hasilnya sangat baik untuk level home roaster, dan bisa diadu oleh mesin-mesin yang jauh lebih mahal harganya.

Citarasa kopi ditentukan oleh level roasting yang anda buat. Sederhananya, jika anda ingin citarasa yang agak pahit, maka level roasting dark adalah pilihan yang tepat. Jika anda ingin citarasa yang agak asam, maka level medium roast adalah pilihan yang tepat. Level dark bisa dimulai dari level Full city roast hingga spanish roast. Ilmu mengenai tingkat kematangan kopi bisa anda pelajari DISINI.

Begitu juga dengan kopi luwak. Setiap daerah di Indonesia memiliki karakter green bean yang berbeda. Kopi luwak Aceh dengan Kopi Luwak Jawa jika diroasting dengan suhu dan waktu yang sama, belum tentu menghasilkan tingkat kematangan yang sama. Disinilah trial and error diperlukan untuk menghasilkan citarasa kopi luwak terbaik. Bahkan salah seorang teman saya menghabiskan lebih dari 50kg hanya untuk menemukan karakter roasting kopi yang tepat.

Semua memang terlihat sulit untuk awalnya, tapi dengan semangat belajar dan mencoba yang tidak pernah padam, InsyaAllah anda bisa menemukan cara roasting yang tepat untuk kopi anda. Sebagai penjual kopi luwak, kita harus naik level, dari yang awalnya reseller, harus bisa buat brand sendiri, hingga roasting kopi luwak anda sendiri untuk dijual. Itu akan memberikan kepuasan tersendiri jika anda sukses nanti nya.

Semoga informasi ringan ini bermanfaat untuk kita.

Terimakasih